PENERAPAN SUBPROGRAM SCRATCH

TUGAS INFORMATIKA

MENGHITUNG VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN TABUNG
DENGAN PROGRAM SCRATCH

By : 9A_02_ADELIA PUTRI KUSUMA WARDANI


    Pada pemograman menggunakan visual seperti Scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan bok perintah,subprogram terdiri kumpulan blok perintah yang terpisah dan blok utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika Subprogram menerima pesan tersebut, Subprogram tersebut akan dijalankan sesuai dengan pesan yang diterimanya.

    Blok perintah di Scratch umumnya digunakan untuk mengontrol sprite, dengan setiap sprite tidak terikat satu dengan yang lain, dan sprite dapat dijalankan bersama-sama. Dengan kata lain, program utama dapatt mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yang menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. Hal ini memberikan kemudahan kepada programer, Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yang berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan.

Berikut adalah Program yang digunakan dalam Penghitungan Luas Permukaan dan Volume Tabung !

Program akan dijalankan dalam video berikut !


Berikut adalah link Program Scratch !

Posting Komentar

0 Komentar